Metode Pembelajaran
Cara
yang dianggap efisien
yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan suatu materi tertentu kepada anak
didik agar tujuan yang ditetapkan sebelumnya dalam proses belajar mengajar
dapat tercapai dengan efektif. (Djojo
Surodisastra)
- 1. Faktor tujuan
- 2. Faktor siswa
- 3. Faktor situasi
- 4. Faktor guru
Syarat-Syarat penggunaan metode pengajaran:
- 1. Harus dapat membangkitkan motif, minat, atau gairah belajar siswa
- 2. Harus dapat menjamin perkembangan kegiatan kepribadian siswa
- 3. Harus dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mewujudkan hasil karya
- 4. Harus dapat merangsang keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut, melakukan eksplorasi dan inovasi
Macam-Macam Metode Pengajaran :
- a. Metode Ceramah
- b. Metode Kuliah dan Mimbar
- c. Metode Tanya jawab
- d. Metode Diskusi
- e. Metode Drill
- f. Metode Karyawisata
- g. Metode Pemberian Tugas dan Resitasi
- h. Metode Demontrasi dan Eksperimen
- i. Metode Simulasi
- j. Metode Inquiry dan Discovery
a. Metode Ceramah
Penggunaan metode ceramah:
- 1. Pada waktu memberi informasi
- 2. Ketika orang yang belajar sudah termotivasi
- 3. Jika guru pandai menggunakan “gambar” dalam kata2
- 4. Jika jumlah peserta terlalu banyak
- 5. Jika guru ingin menambah/menekankan apa yang sudah dipelajari
- 6. Ketika mengulangi/mengadakan pengantar pada suatu pelajaran/aktivitas
- 7. Jika murid dapat memahami kata-kata yang digunakan
Kebaikan metode ceramah:
- 1. Dapat digunakan untuk kelompok besar
- 2.Tidak memerlukan keterampilan khusus
- 3. Dapat menambah bahan yang telah dibaca
- 4.Dapat dipakai untuk mengulang /memberi pengantar pada suatu pelajaran/aktivitas
- 5.Guru dapat memberi penjelasan sesuai dengan pendapatnya, seleranya, wawasannya dsb.
0 comments :
Posting Komentar