Minggu, 21 April 2013

Kurikulum 2013 Ekonomi

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR EKONOMI
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) / MADRASAH ALIYAH (MA)

KELAS: X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.1  Mensyukuri sumber daya sebagai karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan
1.2 Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan  produk bank dan lembaga keuangan bukan bank

2.  Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1 Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi 
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi

3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1  Mendeskripsikan konsep dasar ilmu ekonomi
3.2  Menganalisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya
3.3    Menganalisis peran pelaku kegiatan ekonomi
3.4    Mendeskripsikan konsep dan peran pasar dalam perekonomian
3.5    Mendeskripsikan bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bank sentral
3.6    Mendeskripsikan sistem pembayaran dan alat pembayaran
3.7    Mendeskripsikan konsep manajemen
3.8    Mendeskripsikan konsep koperasi sekolah


4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1    Menyajikan konsep dasar ilmu ekonomi
4.2   Melaporkan hasil analisis masalah ekonomi  dan cara mengatasinya
4.3    Menyajikan peran pelaku kegiatan ekonomi
4.4    Melakukan penelitian tentang peran pasar dalam perekonomian
4.5    Menyajikan peran dan produk bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan bank sentral
4.6    Menyimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran
4.7    Menerapkan  teori manajemen dalam kegiatan sekolah 
4.8. Menerapkan pengelolaan koperasi sekolah


KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
1.2  Mensyukuri karunia Tuhan YME atas keragaman dan keunggulan kompetetif antar bangsa

2.    Menghayati dan pengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1   Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia 
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli, dan kritis sebagai pelaku ekonomi

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1   Mendeskripsikan  konsep dasar pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta permasalahannya
3.2   Menganalisis permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
3.3   Mendeskripsikan pendapatan nasional 
3.4   Mendeskripsikan APBN dan APBD dalam pembangunan
3.5   Menganalisis peran dan fungsi pajak
3.6   Mendeskripsikan kebijakan moneter dan fiskal 
3.7  Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia 
3.8  Mendeskripsikan pasar modal dalam perekonomian 
3.9  Mendeskripsikan konsep dan kebijakan perdagangan internasional 
3.10 Menganalisis kerjasama ekonomi internasional
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1  Menyajikan cara mengatasi masalah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi
4.2  Menyajikan hasil analisis masalah ketenagakerjaan di Indonesia
4.3   Menyajikan hasil perhitungan pendapatan nasional 
4.4   Mengevaluasi peran APBN dan APBD terhadap pembangunan 
4.5  Mengevaluasi peran, fungsi dan manfaat pajak
4.6  Mengevaluasi peran dan fungsi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
4.7  Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia 
4.8  Menyimulasikan mekanisme perdagangan saham dan investasi di pasar modal 
4.9  Mengevaluasi dampak kebijakan perdagangan internasional 
4.10  Menyajikan hasil analisis kerjasama ekonomi internasional

KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mensyukuri hakikat akuntansi sebagai sistem informasi keuangan

2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif dalam melakukan tahapan akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang

3.    Memahami, menerapkan,  menganalisis dan  mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1  Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi 
3.2  Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi 
3.3  Menganalisis siklus akuntansi perusahaan jasa
3.4  Menganalisis siklus akuntansi perusahaan dagang

4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

4.1   Menyajikan akuntansi sebagai sistem informasi 
4.2   Menerapkan konsep persamaan dasar akuntansi
4.3   Mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa
4.4   Mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan dagang


 Sumber:

       Tim Ekonomi  18 April 2013 , updated Hotel Grand Topic Jam 09.00
 Tim penyusun:     
      Dr Prathama Rahardja (Dosen Universitas Indonesia) 
      Drs. Wiji Purwanto, MM (Ketua Asosiasi Guru Ekonomi) 
      Herlan Firmansyah, M.Pd (Guru Ekonomi MAN Cianjur)   
      Suharyadi, SE. M.Pd (Puskurbuk Kemendikbud)























0 komentar :

Poskan Komentar

Histats.com © 2005-2012 Privacy Policy - Terms Of Use - Powered By Histats
 

Copyright © 2009 by TEACHER

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger