KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR EKONOMI
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) / MADRASAH ALIYAH (MA)
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri sumber daya sebagai karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan
1.2 Mengamalkan
ajaran agama dalam memanfaatkan produk
bank dan lembaga keuangan bukan bank
|
2. Menghayati,
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, mandiri,
kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani,
peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Mendeskripsikan
konsep dasar ilmu ekonomi
3.2 Menganalisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya
3.3
Menganalisis peran pelaku kegiatan ekonomi
3.4
Mendeskripsikan konsep
dan peran pasar dalam perekonomian
3.5
Mendeskripsikan bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bank
sentral
3.6
Mendeskripsikan sistem pembayaran
dan alat pembayaran
3.7
Mendeskripsikan konsep
manajemen
3.8
Mendeskripsikan konsep
koperasi sekolah
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menyajikan konsep
dasar ilmu ekonomi
4.2
Melaporkan hasil analisis
masalah ekonomi dan cara mengatasinya
4.3
Menyajikan peran pelaku
kegiatan ekonomi
4.4
Melakukan penelitian
tentang peran pasar dalam perekonomian
4.5
Menyajikan peran
dan produk bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas Jasa Keuangan (OJK),
dan bank sentral
4.6
Menyimulasikan sistem
pembayaran dan alat pembayaran
4.7
Menerapkan teori manajemen dalam kegiatan sekolah
4.8. Menerapkan pengelolaan koperasi sekolah
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di
Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
1.2 Mensyukuri karunia Tuhan YME atas keragaman dan
keunggulan kompetetif antar bangsa
|
2.
Menghayati dan
pengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Bersikap jujur,
disiplin, tanggung
jawab, peduli,
kreatif,
dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, dan kritis sebagai pelaku ekonomi
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Mendeskripsikan konsep dasar pembangunan ekonomi
dan
pertumbuhan ekonomi serta permasalahannya
3.2 Menganalisis
permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
3.3 Mendeskripsikan
pendapatan nasional
3.4 Mendeskripsikan APBN
dan APBD dalam pembangunan
3.5
Menganalisis peran
dan fungsi pajak
3.6 Mendeskripsikan kebijakan
moneter dan fiskal
3.7 Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
3.8 Mendeskripsikan
pasar modal dalam perekonomian
3.9 Mendeskripsikan konsep
dan kebijakan perdagangan internasional
3.10 Menganalisis kerjasama ekonomi internasional
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.1 Menyajikan cara mengatasi masalah pembangunan dan
pertumbuhan ekonomi
4.2 Menyajikan hasil
analisis masalah ketenagakerjaan di Indonesia
4.3 Menyajikan hasil
perhitungan pendapatan nasional
4.4 Mengevaluasi peran
APBN dan APBD terhadap pembangunan
4.5 Mengevaluasi peran, fungsi dan manfaat pajak
4.6 Mengevaluasi peran dan fungsi kebijakan
moneter dan kebijakan
fiskal
4.7 Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam
sistem perekonomian Indonesia
4.8 Menyimulasikan mekanisme perdagangan saham dan
investasi di pasar modal
4.9 Mengevaluasi dampak kebijakan perdagangan internasional
4.10 Menyajikan hasil analisis kerjasama ekonomi
internasional
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Mensyukuri
hakikat akuntansi sebagai sistem informasi keuangan
|
2.
Menghayati dan
mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, damai), santun, responsif
dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Bersikap jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif dalam melakukan
tahapan akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Mendeskripsikan
akuntansi sebagai sistem informasi
3.2 Mendeskripsikan
konsep persamaan dasar akuntansi
3.3 Menganalisis
siklus akuntansi perusahaan jasa
3.4 Menganalisis siklus
akuntansi perusahaan dagang
|
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Menyajikan akuntansi sebagai sistem informasi
4.2 Menerapkan konsep persamaan dasar akuntansi
4.3 Mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa
4.4 Mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan dagang
|
Sumber:
Tim Ekonomi 18 April 2013 , updated Hotel Grand Topic Jam 09.00
Tim Ekonomi 18 April 2013 , updated Hotel Grand Topic Jam 09.00
Tim penyusun:
Dr Prathama Rahardja (Dosen Universitas Indonesia)
Drs. Wiji Purwanto, MM (Ketua Asosiasi Guru Ekonomi)
Herlan Firmansyah, M.Pd (Guru Ekonomi MAN Cianjur)
Dr Prathama Rahardja (Dosen Universitas Indonesia)
Drs. Wiji Purwanto, MM (Ketua Asosiasi Guru Ekonomi)
Herlan Firmansyah, M.Pd (Guru Ekonomi MAN Cianjur)
0 comments :
Posting Komentar