KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR EKONOMI
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) / MADRASAH ALIYAH (MA)
KELAS: X 
KOMPETENSI INTI 
 | 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
  dianutnya 
 | 
  
1.1  Mensyukuri sumber daya sebagai karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan 
1.2 Mengamalkan
  ajaran agama dalam memanfaatkan  produk
  bank dan lembaga keuangan bukan bank 
 | 
 
2.  Menghayati,
  mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong,
  kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
  menunjukkan
  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
  menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 
 | 
  
2.1 Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, mandiri,
  kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi  
2.2  Menunjukkan perilaku jujur,
  disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani,
  peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi  
 | 
 
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
  budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
  peradaban terkait penyebab fenomena dan
  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
 | 
  
3.1  Mendeskripsikan
  konsep dasar ilmu ekonomi 
3.2  Menganalisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya  
3.3   
  Menganalisis peran pelaku kegiatan ekonomi  
3.4   
  Mendeskripsikan konsep
  dan peran pasar dalam perekonomian 
3.5   
  Mendeskripsikan bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bank
  sentral 
3.6   
  Mendeskripsikan sistem pembayaran
  dan alat pembayaran  
3.7   
  Mendeskripsikan konsep
  manajemen  
3.8   
  Mendeskripsikan konsep
  koperasi sekolah 
 | 
 
4.   
  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
  dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
  sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 
 | 
  
4.1   
  Menyajikan konsep
  dasar ilmu ekonomi 
4.2  
  Melaporkan hasil analisis
  masalah ekonomi  dan cara mengatasinya 
4.3   
  Menyajikan peran pelaku
  kegiatan ekonomi 
4.4   
  Melakukan penelitian
  tentang peran pasar dalam perekonomian  
4.5   
  Menyajikan peran
  dan produk bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas Jasa Keuangan (OJK),
  dan bank sentral 
4.6   
  Menyimulasikan sistem
  pembayaran dan alat pembayaran 
4.7   
  Menerapkan  teori manajemen dalam kegiatan sekolah   
4.8. Menerapkan pengelolaan koperasi sekolah 
 | 
 
KELAS: XI 
KOMPETENSI INTI 
 | 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
1.    Menghayati dan
  mengamalkan ajaran agama yang
  dianutnya 
 | 
  
1.1  Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di
  Indonesia untuk kesejahteraan rakyat 
1.2  Mensyukuri karunia Tuhan YME atas keragaman dan
  keunggulan kompetetif antar bangsa  
 | 
 
2.   
  Menghayati dan
  pengamalkan perilaku
  jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
  kerjasama, toleran, damai),
  santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
  menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 
 | 
  
2.1   Bersikap jujur,
  disiplin, tanggung
  jawab, peduli,
  kreatif,
  dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia  
2.2  Menunjukkan
  perilaku jujur, disiplin,  tanggung
  jawab, peduli, dan kritis sebagai pelaku ekonomi 
 | 
 
3.   
  Memahami, menerapkan, dan menganalisis
  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
  dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
  dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
 | 
  
3.1   Mendeskripsikan  konsep dasar pembangunan ekonomi
  dan
  pertumbuhan ekonomi serta permasalahannya 
3.2   Menganalisis
  permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia 
3.3   Mendeskripsikan
  pendapatan nasional  
3.4   Mendeskripsikan APBN
  dan APBD dalam pembangunan 
3.5  
  Menganalisis peran
  dan fungsi pajak 
3.6   Mendeskripsikan kebijakan
  moneter dan fiskal  
3.7  Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia  
3.8  Mendeskripsikan
  pasar modal dalam perekonomian  
3.9  Mendeskripsikan konsep
  dan kebijakan perdagangan internasional  
3.10 Menganalisis kerjasama ekonomi internasional  
 | 
 
4.  
  Mengolah,
  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
  pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
  secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
  keilmuan 
 | 
  
4.1  Menyajikan cara mengatasi masalah pembangunan dan
  pertumbuhan ekonomi 
4.2  Menyajikan hasil
  analisis masalah ketenagakerjaan di Indonesia 
4.3   Menyajikan hasil
  perhitungan pendapatan nasional  
4.4   Mengevaluasi peran
  APBN dan APBD terhadap pembangunan  
4.5  Mengevaluasi peran, fungsi dan manfaat pajak 
4.6  Mengevaluasi peran dan fungsi kebijakan
  moneter dan kebijakan
  fiskal 
4.7  Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam
  sistem perekonomian Indonesia  
4.8  Menyimulasikan mekanisme perdagangan saham dan
  investasi di pasar modal  
4.9  Mengevaluasi dampak kebijakan perdagangan internasional  
4.10  Menyajikan hasil analisis kerjasama ekonomi
  internasional 
 | 
 
KELAS: XII 
KOMPETENSI INTI 
    | 
KOMPETENSI DASAR 
 | 
1.  Menghayati dan
  mengamalkan ajaran agama yang
  dianutnya 
 | 
  
1.1 
  Mensyukuri
  hakikat akuntansi sebagai sistem informasi keuangan 
 | 
 
2.  
  Menghayati dan
  mengamalkan
  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
  royong, kerjasama, damai), santun, responsif
  dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
  berbagai permasalahan dalam
  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
  menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.  
 | 
  
2.1 Bersikap jujur,
  disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif dalam melakukan
  tahapan akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang 
 | 
 
3.   
  Memahami, menerapkan,  menganalisis
  dan  mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
  metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
  dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
 | 
  
3.1  Mendeskripsikan
  akuntansi sebagai sistem informasi  
3.2  Mendeskripsikan
  konsep persamaan dasar akuntansi  
3.3  Menganalisis
  siklus akuntansi perusahaan jasa 
3.4  Menganalisis siklus
  akuntansi perusahaan dagang  
 | 
 
4.   
  Mengolah,
  menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
  bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
  kaidah keilmuan 
 | 
  
4.1   Menyajikan akuntansi sebagai sistem informasi  
4.2   Menerapkan konsep persamaan dasar akuntansi 
4.3   Mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa 
4.4   Mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan dagang  
 | 
 
 Sumber:
Tim Ekonomi 18 April 2013 , updated Hotel Grand Topic Jam 09.00
Tim Ekonomi 18 April 2013 , updated Hotel Grand Topic Jam 09.00
 Tim penyusun:      
Dr Prathama Rahardja (Dosen Universitas Indonesia)
Drs. Wiji Purwanto, MM (Ketua Asosiasi Guru Ekonomi)
Herlan Firmansyah, M.Pd (Guru Ekonomi MAN Cianjur)
Dr Prathama Rahardja (Dosen Universitas Indonesia)
Drs. Wiji Purwanto, MM (Ketua Asosiasi Guru Ekonomi)
Herlan Firmansyah, M.Pd (Guru Ekonomi MAN Cianjur)
April 21, 2013
Teacher
                                  Posted in:  
                                  
0 comments :
Posting Komentar