Rencana Pelaksanaan Pendidikan (RPP)
pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan
atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran.
dengan demikian RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran.
Contoh:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Bandung
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X 45menit)
I.
STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
II.
KOMPETENSI DASAR
4.1
Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro
III.
INDIKATOR
1.
Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro
2.
Mendeskripsikan perbedaan mikro dan makro
3.
Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1.
Mengetahui definisi ekonomi mikro dan makro
2.
Mengetahui perbedaan ekonomi mikro dan makro
3.
Memberi contoh di masyarakat
tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro.
V. MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
a. Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
1.
Ekonomi
Mikro
Ekonomi mikro dapat didefinisikan sebagai suatu
bidang dalam ilmu ekonomi yang menganalisis bagian-bagian dari keseluruhan
kegiatan perekonomian. Dalam ekonomi mikro dibahas aspek-aspek sebagai berikut:
a.
Bagaimana dan mengapa pelaku ekonomi membuat keputusan ekonomi
b.
Perilaku dan interaksi produsen dan konsumen
c.
Sifat-sifat dan karakter produsen dan konsumen
d.
Biaya peluang yang timbul sebagai konsekuansi pilihan yang diambil.
2.
Ekonomi makro
Makro berarti besar.
Ekonomi makro menganalisis keseluruhan dalam permasalahan kegiatan
pereknomian. Analisisnya bersifat umum dan tidak membahas hal-hal yang rinci.
b. Perbedaan Ekonomi mikro dan Ekonomi Makro
Perbedaan
|
Ekonomi Mikro
|
Ekonomi Makro
|
Kajian
|
Secara khusus/parsial
|
Secara menyeluruh/agregat
|
Ruang Lingkup
|
1)
analisis permintaan dan
penawaran
2)
prilaku produsen dan konsumen
3)
teori produksi, fungsi produksi
dan biaya produksi
4)
jenis-jenis pasar
|
1)
pendapatan nasional
2)
permintaan dan penawaran agregatif
3)
konsumsi, investasi dan tabungan
4)
masalah ekonomi;
inflasi,pengangguran, kemiskinan
5)
uang dan bank
|
Tujuan
|
Kesejahteraan(produsen,konsumen
dan distributor)
|
kesejahteraan seluruh rakyat dalam suatu
negara.
|
VI. METODE/
MODEL PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Group
investigation
VII. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1.
Pembukaan
|
-
Guru memberikan salam dan sapaan
-
Mengecek kehadiran siswa
-
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan
acuan materi ajar yang dapat digunakan
-
Memberikan motivasi mengenai ekonomi mikro dan
makro terhadap kehidupan siswa sehari-hari
|
10’
|
2.
Kegiatan inti
|
Langkah-langkah:
1)
guru menjelaskan pengertian ekonomi mikro dan
makro, dan memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro.
2)
Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok.
3)
Guru memberikan tugas dan masing kelompok
mengerjakannya
4)
Kelompok mendiskusikan jawaban dengan yang
benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat membedakan ruang lingkup
ekonomi mikro dan makro.
5)
Siswa menuliskan jawabannya di whiteboard
6)
siswa dengan masing-masing kelompoknya
bersama-sama memberikan kesimpulan
|
60’
|
3.
Penutup
|
1)
Guru mempersilahkan untuk bertanya jika ada
materi yang belum paham
2)
Guru mereview kembali materi yang telah
disampaikan
3)
Memberi penugasan berupa study kasus untuk
materi mengenai masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
4)
Memberi tahu materi selanjutnya yaitu materi
mengenai masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
|
20’
|
VIII.
SUMBER, ALAT BANTU DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber pembelajaran :
Ø
Alam S. (2007). Ekonomi untuk SMA dan MA kelas
X. Jakarta : esis
Ø
Eeng Ahman. (2007).Membina Kompetensi Ekonomi.
Bandung : grafindo
Ø
M.T.Ritonga,dkk. (2007). Ekonomi Untuk SMA kelas
X. Jakarta: PHIBETA
Ø
Internet
Ø
Surat kabar
Ø
Televisi
2.
Alat bantu :
Ø
White board
Ø
Spidol
Ø
Kartu yang berisi ruang lingkup ekonomi mikro
dan makro yang disusun secara acak.
IX.
EVALUASI-JAWABAN
Skor
maksimal: 100
Skor minimal : 0
Bandung, Juli 2010
Mengetahui
|
||
Kepala Sekolah,
|
Guru Mata
Pelajaran Ekonomi,
RA, S.Pd
|
|
1 comments :
Outstanding information .It is very helpful and very useful.it is amazing work.
ILTT Marketplace
Posting Komentar