Disqus for abaditeacher-blogspot-com

Kamis, Mei 09, 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Rencana Pelaksanaan Pendidikan (RPP) pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran. dengan demikian RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.

Contoh:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama  Sekolah                : SMA  Bandung
Mata Pelajaran                 : Ekonomi
Kelas/Semester                : X / 2
Pertemuan Ke                   : 1
Alokasi Waktu                   : 1 X Pertemuan ( 2 X 45menit)

   I.      STANDAR KOMPETENSI
4.    Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.

  II.      KOMPETENSI DASAR
4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro

 III.      INDIKATOR
1.        Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro
2.        Mendeskripsikan perbedaan mikro dan makro
3.        Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro.

   IV.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1.       Mengetahui  definisi ekonomi mikro dan makro
2.      Mengetahui perbedaan ekonomi mikro dan makro
3.     Memberi contoh di  masyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro.

   V.     MATERI POKOK PEMBELAJARAN
a.      Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
1.      Ekonomi Mikro
Ekonomi mikro dapat didefinisikan sebagai suatu bidang dalam ilmu ekonomi yang menganalisis bagian-bagian dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Dalam ekonomi mikro dibahas aspek-aspek sebagai berikut:
a.    Bagaimana dan mengapa pelaku ekonomi membuat keputusan ekonomi
b.    Perilaku dan interaksi produsen dan konsumen
c.    Sifat-sifat dan karakter produsen dan konsumen
d.   Biaya peluang yang timbul sebagai konsekuansi pilihan yang diambil.
2.         Ekonomi makro
Makro berarti besar.  Ekonomi makro menganalisis keseluruhan dalam permasalahan kegiatan pereknomian. Analisisnya bersifat umum dan tidak membahas hal-hal yang rinci.


b.      Perbedaan Ekonomi mikro dan Ekonomi Makro
Perbedaan
Ekonomi Mikro
Ekonomi Makro
Kajian
Secara khusus/parsial
Secara menyeluruh/agregat
Ruang Lingkup
1)   analisis permintaan dan penawaran
2)   prilaku produsen dan konsumen
3)   teori produksi, fungsi produksi dan biaya produksi
4)   jenis-jenis pasar

1)   pendapatan nasional
2)   permintaan dan penawaran agregatif
3)   konsumsi, investasi dan tabungan
4)   masalah ekonomi; inflasi,pengangguran, kemiskinan
5)   uang dan bank
Tujuan
Kesejahteraan(produsen,konsumen dan distributor)
kesejahteraan seluruh rakyat dalam suatu negara.

           VI.     METODE/ MODEL PEMBELAJARAN
1.       Ceramah
2.       Group investigation

           VII.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.       Pembukaan
-          Guru memberikan salam dan sapaan
-          Mengecek kehadiran siswa
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan acuan materi ajar yang dapat digunakan
-          Memberikan motivasi mengenai ekonomi mikro dan makro terhadap kehidupan siswa sehari-hari
10’
2.       Kegiatan inti
Langkah-langkah:
1)       guru menjelaskan pengertian ekonomi mikro dan makro, dan memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro.
2)       Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok.
3)       Guru memberikan tugas dan masing kelompok mengerjakannya
4)       Kelompok mendiskusikan jawaban dengan yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat membedakan ruang lingkup ekonomi mikro dan makro.
5)       Siswa menuliskan jawabannya di whiteboard
6)       siswa dengan masing-masing kelompoknya bersama-sama memberikan kesimpulan
60’
3.       Penutup
1)      Guru mempersilahkan untuk bertanya jika ada materi yang belum paham
2)      Guru mereview kembali materi yang telah disampaikan
3)      Memberi penugasan berupa study kasus untuk materi mengenai masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
4)      Memberi tahu materi selanjutnya yaitu materi mengenai masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
20’

     VIII.      SUMBER, ALAT BANTU DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber pembelajaran :
Ø  Alam S. (2007). Ekonomi untuk SMA dan MA kelas X. Jakarta : esis
Ø  Eeng Ahman. (2007).Membina Kompetensi Ekonomi. Bandung : grafindo
Ø  M.T.Ritonga,dkk. (2007). Ekonomi Untuk SMA kelas X. Jakarta: PHIBETA
Ø  Internet
Ø  Surat kabar
Ø  Televisi
            2.    Alat bantu :
Ø  White board
Ø  Spidol
Ø  Kartu yang berisi ruang lingkup ekonomi mikro dan makro yang disusun secara acak.

 IX.      EVALUASI-JAWABAN

  X.      KRITERIA PENILAIAN
            Skor maksimal: 100
Skor minimal :      0
                                                                                                                   Bandung,  Juli 2010
Mengetahui


Kepala Sekolah,


   Guru Mata Pelajaran Ekonomi,

                      RA, S.Pd


1 comments :

Unicolo mengatakan...

Outstanding information .It is very helpful and very useful.it is amazing work.
ILTT Marketplace

 

Copyright © 2009 by TEACHER

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger