Enam (6) Ciri/ Karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu:
1. Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Y.M.E dan Berakhlak Mulia
Pelajar yg berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, memahami agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Elemen kunci:
> Akhlak beragama,
> Akhlak pribadi,
> Akhlak kepada manusia,
> Akhlak kepada alam,
> Akhlak bernegara
2. Berkebinekaan Global
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas, identitasnya dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.
Elemen kunci:
>Mengenal dan menghargai budaya
>Kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama
>Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan
3. Bergotong Royong
Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar mudah dan ringan.
Elemen Kunci:
>Kolaborasi
>Kepedulian
>Berbagi
4. Kreatif
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinil, bermakna, bermanfaat dan berdampak.
Elemen Kunci:
>Menghasilkan gagasan yang orisinal
>Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
5. Bernalar Kritis
Pelajar yg bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.
Elemen Kunci:
>Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
>Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
>Merefleksi pemikiran dan proses berpikir
>Mengambil keputusan
6. Mandiri
Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
Elemen Kunci:
> Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi
>Regulasi Diri
Sumber:
https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/
0 comments :
Posting Komentar